Accomodations in Japan (Tokyo, Osaka, Kyoto, Takayama, Shirakawago)

Hai Semua,
Di post kali ini, saya akan share beberapa pilihan Penginapan yang saya pilih untuk di Tokyo, Osaka, Kyoto, Takayama, dan Shirakawago. Jika ada tambahan rekomendasi penginapan, boleh di share dengan comment di post ini, dan siapa tau bisa jadi pertimbangan saya untuk memilih penginapan tersebut. Untuk plus dan minus penginapannya sebenernya belum bisa saya berikan saat ini, Setelah saya travel, saya akan update lagi, bagaimana pengalaman saya di penginapan tersebut :D

Trip yang akan saya lakukan kebetulan hanya berdua dengan kakak saya, jadi kami lebih prefer untuk melakukan pemesanan di agoda / booking.com. Sampai saat ini belum menemukan di airbnb yang sesuai harga dan lokasi yang bagus. Mungkin karena sudah telat juga kalau carinya sekarang, karena sudah banyak yang booked di tengah-tengah tanggal yang diinginkan :( Selain itu, di airbnb akan lebih menguntungkan untuk travel group, karena harganya tidak beda jauh jika kita reserve 1 apartment.

Tokyo
Untuk di Tokyo, beberapa teman saya suggest untuk memilih Khaosan Tokyo Original yang berada di dekat stasiun Asakusa. Sayangnya untuk tanggal yang saya inginkan, hanya tersisa 1 kamar saja. Sehingga, saya mencari alternative penginapan lain, dan pilihan saya selama di Tokyo Jatuh kepada IRORI Hostel and Kitchen.

IRORI ini berada di daerah Nihonbashibakurocho, dan dekat sekali dengan 3 stasiun, yaitu Bakurocho, Bakuroyokoyama, dan Higashi-Nihombashi, sehingga membuat transport ke daerah lainnya menjadi lebih mudah, dan tarifnya pun tidak terlalu mahal. IRORI ini juga termasuk dekat dengan Tokyo Station. Di IRORI ini menyediakan penginapan dormitory, ada yang bunk bed maupun small double bed. Untuk wanita jangan khawatir, karena disini juga tersedia dormitory untuk wanita. Harga untuk Dormitory Mixed mulai dari IDR 210.000 saja, sedangkan Dormitory wanita mulai dari IDR 237.000. Untuk promo dan discount, bisa langsung cek di website agoda atau booking.com. Harga yang ditawarkan cenderung lebih murah, dan pemesanan + pembayaran pun jadi lebih mudah.

Alamat: 5-13 Nihonbashiyokoyamachƍ, ChĆ«Ć-ku, Tƍkyƍ-to 103-0003, Japan
Website: irorihostel.com
Agoda
Booking.com

Osaka
Di Osaka, saya menginap selama 2 malam, dan karena mencari yang termurah, lokasi strategis, dan review yang lumayan bagus, akhirnya saya memutuskan untuk menginap di Hotel Toyo. Hotel Toyo ini sangatlah terkenal dikalangan backpackers, karena harganya sangat murah, dan kita mendapatkan satu kamar untuk kita sendiri.

Saya memilih kamar Single Bergaya Jepang tanpa AC (Japanese Style Single Without Air Conditioning), karena saya pergi pada musim dingin, sepertinya sudah tidak membutuhkan AC, tapi lebih membutuhkan heater. Hotel Toyo ini berada dekat dengan stasiun Shin-Imamiya, dan dekat dengan Shinsekai, maupun Tennoji Park dan Tennoji Zoo. Untuk harganya sangatlah murah, untuk yang Single dan tanpa AC ini harganya mulai dari IDR 125.000. Murah sekali kan?

Alamat: 1 Chome-3-5 Taishi, Nishinari-ku, ƌsaka-shi, ƌsaka-fu 557-0002, Japan
Website: hotel-toyo.jp

Kyoto
Untuk Kyoto, kami memilih penginapan di Piece Hostel Kyoto. Saat pertama kali melihat hostel ini, gak tau kenapa, langsung suka. Mungkin itu rasanya Love at the first sight #eh. Tapi jujur kalau kalian liat foto-foto Piece Hostel ini, pasti suka deh. Dia ada berbagai pilihan, dan karena menghemat, tentunya saya pilih dorm yang lebih murah. Walaupun dormitory, tetap saja, saya suka sekali. Sepertinya bersih dan terawat. Dari review yang ada pun, semua rata-rata memberikan comment dan rating yang sangat positif. Lokasinya pun sangat dekat dengan Kyoto Station (Piece hostel juga ada di daerah Sanjo, tapi yang saya pilih adalah yang dekat dengan Kyoto Station). Harganya mulai dari IDR 250.000, tergantung tipe dan promo yang sedang berlaku.

Website: piecehostel.com
Agoda
Booking

Shirakawa-go
Shirakawa-go merupakan salah satu UNESCO world heritage site, dan sangat terkenal sekali dengan bentuk bangunannya, yang disebut dengan gassho-zukuri (praying hands) architecture, karena bentuknya seperti tangan saat berdoa. Penginapan di Shirakawa-go ini disebut dengan minshuku, atau tradisional guest house Japan, bentuknya mirip sekali seperti menginap di Ryokan, tetapi bangunan minshuku lebih simple dan berasa tradisionalnya.

Image result for magoemon

Untuk melakukan penginapan di minshuku hanya ada 2 cara untuk melakukan reservasi, pertama adalah melalu telpon, dan yang kedua adalah melalu website Japanese Guest House. Di website ini, kita juga bisa melihat beberapa pilihan penginapan yang ada. Saya memilih untuk menginap di Magoemon. Magoemon ini yang paling murah, dan reviewnya pun lumayan bagus. Kita langsung saja submit form reservation, nanti dari team Japanese Guest House akan follow up dan informasikan hasil dari reservasi.

Untuk reservasi di musim dingin, beberapa minshuku tidak membuka penginapan untuk hari sabtu-minggu, karena mereka menyiapkan kamar untuk pihak keluarga yang berkunjung. Biasanya di setiap malam minggu juga ada Shirakawago Light Up, dimana semua perumahan di nyalakan lampu, dan kita bisa melihat dari atas. Sayangnya karena waktu yang terbatas, saya memutuskan untuk skip Shirakawago Light Up. Untuk detail Shirakawago Light Up bisa lihat info tour disini

Total biaya penginapan saya semalam sebesar 12.000 Yen. Biaya ini sudah termasuk makan malam, dan sarapan. Untuk mendapatkan makan malam, kita diharuskan untuk check-in sebelum jam 5 sore.

Alamat: 360 Ogicho Shirakawa-mura
Website

Takayama
Sebelum pindah ke Tokyo, saya dan kakak saya memutuskan untuk menginap semalam di Takayama. Saya memutuskan untuk memilih Takayama karena suasana-nya yang seperti pedesaan, dan tidak ada salahnya untuk mengelilingi kota ini. Pilihan penginapan saya selama di Takayama adalah Rickshaw Inn Hida Takayama.

Rickshaw Inn ini lokasinya sangat strategis, dekat dengan station. Lalu untuk tempat tidurnya pun menggunakan Tatami. Saya sarankan jika kalian ingin menginap disini, harus melakukan booking dari jauh-jauh hari, mungkin sekitar 3 bulan sebelumnya. Booking ini bisa free cancelation kok, jadi gak perlu khawatir. Untuk pembayarannya harus dilakukan di tempat.

Saya memilih Japanese-Style Twin Room with Shared Bathroom, dengan tarif sekitar 8.000 Yen untuk 1 malam. Jika kaliam ingin yang lebih murah, saya bisa rekomendasikan J-Hoppers Hida Takayama Guest House. Tempat tidurnya sama dengan tatami, dan harganya lebih terjangkau. Alasan saya tidak memilih J-Hoppers ini karena sudah full booked. Untuk yang murah-nya mungkin yang mixed bunk bed, untuk yang tatami, hanya tersedia 1 tatami untuk berdua.

Alamat: 54,Suehiro-sho, Kota Takayama, Takayama, Jepang, 506-0016

- - -
Semoga post saya dapat membantu teman-teman menemukan penginapan selama di Jepang ya~

1. Terimakasih untuk Sharing Artikelnya ya,
    Sekedar info bagi yang membutuhkan Sewa AC bisa menghubungi kami ya.

Info lebih lengkap tentang perusahaan kami bisa dilihat di sini : http://id.arthurteknik.com